Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Destinasi Wisata di Kabupaten Tapanuli Utara


TARUTUNG, BPBD – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapanuli Utara mengisi Pelaksanaan Pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Tapanuli Utara, Selasa (21/06/2022), di Aula Hotel Hineni Kecamatan Tarutung

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Bonggas F Pasaribu, S.Pt berserta Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Febrina B Tampubolon, S.Sos, MM dan Staf Septian Yudiansyah Nasution S.Sos & Mangara R Simbolon S.Psi mengisi materi di kegiatan Pelatihan Keamanan dan Keselamatan di Destinasi Wisata di Kabupaten Tapanuli Utara

“Wilayah Tapanuli Utara adalah wilayah yang dipenuhi berbagai destinasi wisata, tetapi kita juga jangan lupa bahwa wilayah ini juga dipenuhi dengan berbagai potensi bencana” ujarnya ketika membuka pelatihan.

 

“Destinasi Huta Ginjang dan Muara adalah salah satu prioritas destinasi wisata Tapanuli Utara, tapi disatu sisi daerah ini juga menjadi daerah rawan bencana utamanya longsor. BPBD Tapanuli Utara sudah mendirikan rambu-rambu peringatan longsor untuk memitigasi masyarakat di sekitar wilayah itu agar siap siaga menghadapi potensi bencana yang akan dating” sambungnya.

 

“Kami akan mencoba mengusulkan untuk setiap destinasi wisata dilengkapi dengan peralatan P3K dan Rambu-rambu Jalur Evakuasi dan Titik Kumpul. Karena hal itu merupakan syarat Standart Pelayanan Minimal di lokasi wisata yang kita harapkan akan terus dibenahi demi kemajuan pariwisata di Kabupaten Tapanuli Utara” tutupnya.

 

Diakhir kegiatan juga dibagikan leaflet kebencanaan yang didalamnya berisi tentang apa yang harus dilakukan Sebelum bencana (Pra-Bencana), Saat Bencana (Tanggap Darurat) dan Setelah Bencana (Pasca Bencana) agar seluruh masyarakat mendapatkan edukasi tentang kebencanaan.

Horas

Horas

Horas

 

Salam Tangguh