BPBD Kabupaten Tapanuli Utara sosialisasi keluarga tangguh bencana (KATANA) pada acara Rukun Wanita di Bank Sumut Kancab Tarutung


BPBD Kabupaten Tapanuli Utara yang diwakili oleh Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Prasasti Friska Sianturi, S.Pi, MM untuk pertama kalinya melaksanakan kegiatan sosialisasi keluarga tangguh bencana (KATANA) pada acara Rukun Wanita di Bank Sumut Kancab Tarutung. Selasa 26/09/2023

Acara dibuka oleh ketua Rukun Warga Bank Sumut Kancab Tarutung, dan dihadiri oleh seluruh peserta yg merupakan istri para karyawan yg bekerja di Bank Sumut Kancab Tarutung.
Dalam konteks bencana, keluarga menjadi fokus inti. Keluarga ditingkatkan keselamatan, ketangguhannya dalam menghadapi kemungkinan atau potensi bencana. Ada tiga tahapan dalam katana (keluarga tangguh bencana ) yaitu :

‌1. Sadar risiko bencana mengetahui dan sadar akan risiko bencana dilingkungannya

‌2. Pengetahuan : mengetahui dan memperkuat struktur bangunan paham manajemen bencana, edukasi bencana

‌3. Berdaya : mampu menyelamatkan diri sendiri keluarga dan tetangga.

Antusias dari para ibu2 sungguh luar biasa dan sangat berperan aktif dalam sesi diskusi dan tanya jawab. Kiranya para ibu-ibu tangguh ini dapat mengimplementasikan edukasi yg didapat utk selalu siap siaga serta tangguh dlm menghadapi potensi bencana di dlm keluarga masing2.

#salamtangguh
#siaputkselamat
#kitajagaalamjagakita